Syaiful Rohman R

"Jika seseorang mengamalkan ilmu yang dikuasainya, maka Allah SWT akan memberi ilmu yang tidak dia ketahui". Guru SMAN 1 Sampang, Madura. ...

Selengkapnya
Pembaca Gurusiana, Ternyata Bukan Gurusianer?

Pembaca Gurusiana, Ternyata Bukan Gurusianer?

Pembaca Gurusiana, Ternyata Bukan Gurusianer?

Gurusiana adalah salah satu blog bersama, yang berisi tulisan sebagian besar para guru di Indonesia. Gurusianer adalah sebutan untuk penulis di blog gurusiana. Beragam tulisan pun muncul di blog ini, mulai dari tulisan non fiksi (artikel pendidikan, pembelajaran, pengalaman pribadi), dan tulisan fiksi (cerpen, novel). Namun muncul pertanyaan?, apakah yang membaca tulisan itu sebagian besar para gurusianer?. Apakah dugaan saya itu salah atau benar?.

Saya ingin berbagi salah satu pengalaman menulis di blog gurusiana ini. Hari Sabtu (10/03/2018), saya menulis tentang “Buku Erlangga, Pustaka InspirasiKU”. Setelah tulisan itu selesai, saya mengunggah di gurusiana. Untuk merespon jumlah pembaca, saya membagi tulisan itu di media sosial lainnya (facebook, whatshap, dan twitter). Dalam perkembangannya, menit per menit, tulisan itu dibaca oleh sebagian besar para pembaca di media sosial itu. Bahkan dalam perkembangan sampai siang dan sore hari, tulisan saya “sempat” menduduki peringkat 1 artikel populer pada hari itu.

Pada hari yang lain, saya juga menulis beberapa artikel yang lain. Namun saya hanya mengunggah di gurusiana saja. Saya tidak membagi tulisan itu pada media sosial lainnya. Ternyata sampai dengan sore hari, jumlah pembacanya bisa “dihitung dengan jari”.

Ini membuktikan dugaan saya, bahwa para pembacanya berasal dari kalangan luar gurusiana, bukan gurusianer itu sendiri. Berarti salah satu tujuan blog gurusiana berhasil, memang blog ini dibuat agar para guru lebih banyak menulis dibandingkan dengan membaca. Mudah-mudahan pendapat dan dugaan saya salah, atau mungkin para gurusianer punya pendapat yang lain?.

Semoga bermanfaat.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Ya memang seperti itu kondisinya.. Mari kita tersenyum. Biarkan nasib tulisan kita menemui takdirnya..

14 Mar
Balas

Iya Ibu, Trim's

14 Mar

Saya setuju dengan pendapat bapak, memang pembaca terbanyak di luar Gurusiana,

14 Mar
Balas

Alhamdulillah, berarti dugaan saya tidak salah, Trim"s bapak

14 Mar

Mungkin penyebabnya karena tidak setiap orang membuka gurusia.id tetapi memaca wa, fb, dll sehingga ketika info tulisan kita hanya dipublikasikan di gurusiana mereka tidak tahu akan tulisan kita. salam kenal..

14 Aug
Balas

Ingin jadi penulis hebat ? Rahasianya cuma satu : IQRA' (membaca) , kita satu fikiran. Baarokallah...Pak.

14 Mar
Balas

Aamiin ...., Trim's Ibu

14 Mar

Untuk menjadi penulis yang baik kita seharusnya menjadi pembaca yang baik. Ini adalah pernyataan bijak yang sering saya dengar. Di Gurusiana ini saya juga melihat teman-teman lebih banyak menulis (maaf kalau saya salah karena saya baru beberapa hari bergabung). Saya juga baru belajar menulis. Ternyata ide menulis tersebut akan sering muncul bila kita sering membaca. Bukan hanya membaca karya tulisan seseorang tetapi membaca berdasarkan apa yang kita lihat disekitar kita.

14 Mar
Balas

Membaca tulisan, membaca yg kita lihat, Trim's Ibu

14 Mar

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali